Ciri Kulit Sensitif dan Cara untuk Mengatasinya

 

Setiap orang mamang memiliki jenis kulit yang berbeda, ada jenis kulit kering, berminyak, normal, sensitif, dan kombinasi. Memiliki kulit sensitif, sering dianggap sebagai suatu masalah oleh sebagian orang. Karena memiliki kulit sensitif sangat rentan sekali mengalami masalah.

Beberapa masalah yang sering diderita kulit sensitif seperti kulit yang tipis, mudah kemerahan, meradang, mudah berjerawat, mudah gatal jika terkena sinar matahari atau produk perawatan yang tidak cocok.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kulit sensitif, ada yang memang bawaan dari lahir dan ada juga karena terlalu sering memakai produk perawatan dan kosmetik yang tidak cocok untuk kulit. Selain itu, makanan pun bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kulit jadi lebih sensitif.

Di Bawah ini Adalah Beberapa Ciri dari Kulit Wajah Sensitif :

Produksi minyak yang berlebih pada kulit

Kulit sensitif sangat indentik dengan produksi minyak berlebih pada kulit, karena dengan produksi minyak berlebih ini bisa menyebabkan berbagai macam masalah pada kulit, salah satunya adalah kulit yang menjadi lebih sensitif.

Kulit menjadi tipis

Kulit sensitif juga cenderung memiliki kulit yang terlihat lebih tipis, sehingga sel – sel saraf dan pembuluh darah akan terlihat jelas di permukaan kulit jika tidak menggunakan make up yang tebal.

Kulit mudah iritasi dan alergi

Kulit sensitif juga sangat rentan terhadap iritasi dan alergi yang disebabkan oleh lingkungan sekitar, seperti debu, polusi, sinar matahari, sinar UV dan juga dari bahan kosmetik atau perawatan wajah yang digunakan. Selain dari lingkungan, asupan makanan yang masuk dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab kulit sensitif.

Kulit terlihat kemerahan

Kulit sensitif juga sangat mudah sekali terlihat seperti kemerah – merahan, ditambah lagi dengan aktifitas diluar ruangan saat terkena matahari secara langsung akan membuat kulit sensitif semakin kemerahan.

 

 

 

 

Sulit menghilangkan bekas luka

Kulit sensitif sangat sulit sekali saat ingin menghilangkan bekas luka, karena proses regenerasi kulit yang terbilang cukup lama, apa lagi untuk menghilangkan bekas luka yang disebabkan karena jerawat.

Kulit mudah berjerawat

Kulit sensitif juga sangat rentan dengan munculnya jerawat, karena dari produksi minyak yang berlebih dan juga karena kulit yang mudah iritasi dan alergi yang nantinya akan menimbulkan jerawat pada kulit.

Mudah bereaksi terhadap tekanan

Kulit sensitif juga cenderung mudah sekali bereaksi jika ada tekanan yang diterima dari lingkungan maupun dari perawatan dan kosmetik yang dirasa tidak cocok untuk kulit. Jadi, untuk kulit sensitif sangat cepat memperlihatkan tekanan yang diterima dari luar.

 

Cara Mengatasi Kulit Sensitif

  • Carilah produk perawatan kulit atau kosmetik yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif, dengan perawatan khusus untuk kulit sensitif akan cenderung lebih terawat dan tidak mudah alergi atau iritasi.
  • Konsultasikan ke dokter spesialis kulit, jika kamu merasa kesulitan memilih perawatan dan kosmetik. Maka konsultasikan dengan dokter spesialis kulit yang akan membantu kamu dalam menemukan solusi.
  • Selain dengan melakukan perawatan luar, sangat penting mengimbangi dengan perawatan dari dalam, seperti memperbanyak makan sayur, buah, air putih dan memulai pola hidup sehat.
  • Hindari mencuci kulit dengan air panas atau hangat.
  • Hindari pemakaian scrubing untuk kulit dan menggosok kulit dengan kasar.
  • Jangan pernah melakukan pertukaran kosmetik atau produk perawatan dengan teman atau orang lain.

Leave a Reply